Senin, 02 Mei 2016

pendidikan karakter pancasila



PENDIDIKAN KARAKTER PANCASILA

Sebelum mengenali pendidikan karakter pancasila kita harus mengenali betul tentang pendidikan. Pendidikan itu sebuah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang sedangkan pendidikan karakter pancasila berarti sebuah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang sesuai dengan karakter pancasila.
Kebiasaan itu akan menjadi karakter, maka dari itu biasakan dengan kebiasaan yang baik agar menjadi pribadi yang baik daan tangguh. Berpendidikan karakter pancasila dengan 3 prinsip yaitu tingkat kadar ketakwaan yang tinggi kepada Tuhan yang maha Esa, Berkompotensi yaitu seperangkat pengetahuan, kemudian menjadi karakter yang unggul.
Gaya belajar sendiri terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:
1.      Gaya Visual yaitu gaya yang bisa menangkap dengan cara menonton seperti menonton animasi, skema, dan gambar-gambar yang lainnya.
2.      Gaya Auditory yaitu gaya yang bisa menangkap dengan pendengaran seperti karena hal ini anak akan dengan cepat mengerti lewat pendengaran karena itu jangan sampai  anak yang berkemampuan demikian di tempatkan di paling belakang karena akan menghambat pemahaman anak tersebut.
3.      Gaya Kinestik yaitu gaya belajar yang aktif gaya yang tidak hanya melihat dan mendengarkan, biasanya anak ini tidak bisa diam dalam belajar akan tetapi tidak boleh di salahkan juga anak yang demikian karena anak ini mempunyai keaktifan lebih.
 Seperti yang tercantum dalam UUD Negara RI Tahun 1945 pasal 31:
“Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.”
Kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, ketrampilan  dan perilaku (karakter) yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar