D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas V, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami pentingnya
keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
1.1 Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik
Indonesia
1.2 Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia
1.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam
menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
2. Memahami peraturan perundang-undangan
tingkat pusat dan daerah
|
2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya
peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah
2.2 Memberikan contoh peraturan
perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, anti korupsi, lalu lintas, larangan
merokok
|
Kelas V,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3. Memahami kebebasan
berorganisasi
|
3.1 Mendeskripsikan
pengertian organisasi
3.2 Menyebutkan contoh
organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat
3.3 Menampilkan peran
serta dalam memilih organisasi di sekolah
|
4. Menghargai keputusan bersama
|
4.1 Mengenal
bentuk-bentuk keputusan bersama
4.2 Mematuhi keputusan
bersama
|
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas V, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan
1.
Memahami penjelasan narasumber dan cerita
rakyat secara lisan
|
1.1 Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.)
dengan memperhatikan santun berbahasa
1.2 Mengidentifikasi unsur cerita tentang
cerita rakyat yang didengarnya
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu
persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau
berwawancara
|
2.1 Menanggapi suatu
persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan
santun berbahasa
2.2 Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut, baik, dan benar
2.3 Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.)
dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
|
Membaca
3.
Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca
cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi
|
3.1 Membaca teks percakapan
dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan
kecepatan 75 kata per menit
3.3 Membaca puisi dengan
lafal dan intonasi yang tepat
|
Menulis
4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan
pengalaman secara tertulis dalam
bentuk karangan, surat
undangan, dan dialog tertulis
|
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan
4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan
sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhatikan
penggunaan ejaan
4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta
perannya
|
Kelas V, Semester
2
Standar Kompetensi |
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5.
Memahami cerita tentang suatu
peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
|
5.1 Menanggapi cerita tentang
peristiwa yang terjadi di sekitar yang
disampaikan secara lisan
5.2 Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh,
tema, latar, amanat)
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
|
6.1 Mengomentari persoalan
faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan
santun berbahasa
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi
yang tepat
|
Membaca
7.
Memahami teks dengan membaca
sekilas,
membaca memindai, dan membaca cerita anak
|
7.1 Membandingkan
isi dua teks yang dibaca dengan
membaca sekilas
7.2 Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus
(buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu,
dll.) yang dilakukan melalui membaca memindai
7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
|
Menulis
8.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk
ringkasan, laporan, dan puisi bebas
|
8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.2 Menulis
laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal,
perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
|
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi hitung
bilangan bulat dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat
termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran
1.2 Menggunakan faktor prima
untuk menentukan KPK dan FPB
1.3 Melakukan operasi hitung
campuran bilangan bulat
1.4 Menghitung perpangkatan dan
akar sederhana
1.5 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB
|
Geometri dan Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu,
sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
|
2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan
notasi 24 jam
2.2 Melakukan operasi hitung
satuan waktu
2.3 Melakukan pengukuran sudut
2.4 Mengenal satuan jarak dan
kecepatan
2.5 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
|
3. Menghitung luas bangun datar
sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menghitung luas trapesium dan
layang-layang
3.2 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan luas bangun datar
|
4. Menghitung volume kubus dan
balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menghitung volume kubus dan
balok
4.2 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan volume kubus dan balok
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam
pemecahan masalah
|
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk
persen dan desimal serta sebaliknya
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan
berbagai bentuk pecahan
5.3 Mengalikan dan membagi
berbagai bentuk pecahan
5.4 Menggunakan pecahan dalam
masalah perbandingan dan skala
|
Geometri dan Pengukuran
6. Memahami sifat-sifat bangun
dan hubungan antar bangun
|
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat
bangun datar
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat
bangun ruang
6.3 Menentukan jaring-jaring
berbagai bangun ruang sederhana
6.4 Menyelidiki sifat-sifat
kesebangunan dan simetri
6.5 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
|
E. Arah Pengembangan
Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
Kelas V, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan
hewan
|
1.1 Mengidentifikasi fungsi
organ pernapasan manusia
1.2 Mengidentifikasi fungsi
organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan
manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah
manusia
1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ
peredaran darah manusia
|
2. Memahami
cara tumbuhan hijau membuat makanan
|
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan
hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
|
3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup
menyesuaikan diri dengan lingkungan
|
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan
dengan lingkungan tertentu untuk
mempertahankan hidup
3.2 Mengidentifikasi
penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
|
Benda dan Sifatnya
4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan
penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses
|
4.1
Mendeskripsikan
hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain,
dan kertas
4.2
Menyimpulkan
hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara
maupun tetap
|
Kelas V, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan
energi, serta fungsinya
|
5.1
Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi
melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
5.2
Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat
pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
|
6. Menerapkan
sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
|
6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop
atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
|
Bumi dan Alam Semesta
|
|
7. Memahami
perubahan yang terjadi di
alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
|
7.1
Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena
pelapukan
7.2
Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
7.3
Mendeskripsikan struktur bumi
7.4 Mendeskripsikan
proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya
7.5 Mendeskripsikan perlunya
penghematan air
7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk
hidup dan lingkungan
7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat
mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
|
D. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
Kelas V,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menghargai
berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman
kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
|
1.1 Mengenal makna peninggalan-peninggalan
sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
1.2
Menceriterakan tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
1.3
Mengenal
keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di
Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
1.4
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di
Indonesia
1.5
Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di
Indonesia
|
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan
kemerdekaan Indonesia
|
2.1 Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda dan Jepang
2.2 Menghargai jasa dan peranan
tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
2.3 Menghargai jasa dan
peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
2.4 Menghargai perjuangan
para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
|
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|
||
1.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1
|
Menjelaskan
makna motif hias
|
|
|
1.2
|
Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni
rupa Nusantara daerah setempat
|
|
|
1.3
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
motif hias karya seni rupa Nusantara daerah setempat
|
2.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
|
2.1
|
Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif
dengan motif hias Nusantara
|
|
|
2.2
|
Mengekspresikan
diri melalui gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya
|
|
|
2.3
|
Membuat motif hias dasar jumputan pada kain
|
Seni Musik
|
|
||
3.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi berbagai
ragam lagu daerah Nusantara
|
|
|
3.2
|
Menjelaskan
makna ansambel sejenis
|
|
|
3.3
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap berbagai
musik/lagu daerah Nusantara
|
4.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
4.1
|
Memainkan alat musik ritmis dan melodis
sederhana dalam bentuk ansambel
sejenis
|
|
|
4.2
|
Mengadakan pementasan perpaduan musik, tari dan
bahasa
|
Seni Tari
|
|
||
5.
|
Mengapresiasi
karya seni tari
|
5.1
|
Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan
seni tari Nusantara daerah lain
|
|
|
5.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni
tari Nusantara daerah lain
|
6.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
|
6.1
6.2
|
Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah lain
tanpa iringan
Memeragakan tari Nusantara daerah lain
tanpa iringan
|
Keterampilan
|
|
||
7.
|
Mengapresiasi
karya kerajinan
|
7.1
7.2
|
Mendeskripsi
kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan meronce
Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya
kerajinan meronce
|
8.
|
Membuat karya kerajinan dan benda permainan
|
8.1
|
Merancang karya kerajinan meronce
|
|
8.2
|
Membuat karya kerajinan meronce
|
|
|
|
8.3
|
Merancang benda permainan yang digerakkan dengan
tali
|
|
|
8.4
|
Membuat benda permainan yang digerakkan dengan
tali
|
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|
||
9.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
9.1
|
Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni
rupa Nusantara daerah setempat
|
|
|
9.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara
daerah setempat
|
10.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
|
10.1
|
Membuat topeng secara kreatif dalam hal teknik
dan bahan
|
|
|
10.2
|
Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi
manusia dan kehidupannya
|
|
|
10.3
|
Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk
pameran kelas
|
|
|
10.4
|
Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam
bentuk pameran kelas/sekolah
|
Seni Musik
|
|
||
11.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
11.1
|
Mengidentifikasi berbagai
ragam lagu daerah Nusantara
|
|
|
11.2
|
Menjelaskan
makna ansambel gabungan
|
|
|
11.3
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap berbagai
musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
|
12.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
12.1
|
Memainkan alat musik ritmis dan melodis
sederhana dalam bentuk ansambel
gabungan
|
|
|
12.2
|
Menyiapkan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan
iringan sederhana untuk dipentaskan di kelas atau di sekolah
|
|
|
12.3
|
Mementaskan
pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di
sekolah
|
Seni Tari
|
|
||
13.
|
Mengapresiasi
karya seni tari
|
13.1
|
Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan
seni tari Nusantara daerah lain
|
|
|
13.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni
tari Nusantara daerah lain
|
|
|
13.3
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari
Nusantara daerah lain
|
14.
|
Mengekspresikan diri melalui seni tari
|
14.1
|
Menyiapkan penyajian tari Nusantara daerah lain
dengan iringan
|
|
|
14.2
|
Menyajikan tari Nusantara daerah lain
dengan iringan
|
|
|
14.3
|
Mengadakan pementasan perpaduan seni musik dan
seni tari
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
|
||
15.
|
Mengapresiasi
karya kerajinan
|
15.1
15.2
|
Mendeskripsikan
kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame
Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya
kerajinan makrame
|
16.
|
Membuat karya kerajinan dan benda permainan
|
16.1
|
Merancang karya kerajinan makrame
|
|
|
16.2
|
Membuat karya kerajinan makrame
|
|
|
16.3
|
Merancang benda permainan yang digerakkan dengan
tali
|
|
|
16.4
|
Membuat benda permainan yang
digerakkan dengan tali
|
AFIAH FIFI FITRIA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar