SKENARIO
PEMBELAJARAN
Materi
Pembelajaran : Teknologi
Transportasi
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
: IV/II
Standar
Kompetensi
2.
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten, kota dan provinsi.
Kompetensi
Dasar
2.3
Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman
menggunakannya.
Indikator
1. Mencontohkan alat transportasi masa
lalu dan masa kini.
2. Membedakan alat transportasi di
udara, darat, dan laut pada masa lalu dan masa kini.
3. Mengidentifikasikan kelemahan dan
kelebihan alat transportasi masa lalu dan masa kini.
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui tanya jawab siswa dapat
menemukan contoh alat transportasi masa lalu dan masa kini.
2. Melalui media gambar siswa dapat
membedakan alat transportasi di udara, darat dan laut pada masa lalu dan masa
kini.
3. Melalui diskusi kelompok siswa dapat
mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan alat transportasi masa lalu dan masa
kini.
B. Materi Pembelajaran
1. Materi Pokok : Perkembangan
Teknologi Transportasi
2. Sub Materi :
a. Teknologi transportasi masa lalu dan
masa kini.
b. Alat transportasi darat, laut, udara
zaman dahulu dan zaman sekarang.
c. Keunggulan dan kelemahan alat
transportasi zaman dahulu dan sekarang.
C. Metode Pembelajaran
Model
: Model pembelajaran
interaktif tipe picture and picture
Pendekatan
: Pendekatan Cooperatif Learning
Metode
: 1. Metode Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Penugasan
4. Number
Head Together (NHT)
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal
a. Guru mengucapkan salam dan meminta
salah satu siswa untuk memimpin berdoa.
b. Guru menyampaikan materi yang akan
dibahas hari ini.
c. Guru mengajak siswa menyanyikan lagu
“Naik Kereta” dan menanyakan transportasi yang ada dalam lagu tersebut, dan
termasuk transportasi zaman dahulu atau
zaman sekarang.
2.
Kegiatan
Inti
a. Guru menyampaikan materi mengenai
alat transportasi zaman dahulu dan zaman sekarang.
b. Guru membagi siswa dalam 4 kelompok,
masing-masing kelompok terdiri dari 12 anak.
c. Guru membagikan bando bernomor yang
telah disiapkan dengan dibantu siswa.
d. Guru menunjukkan gambar-gambar alat
transportasi yang ada di darat, laut, udara pada zaman dahulu dan zaman
sekarang.
e. Guru melakukan tanya jawab tentang
gambar yang ditunjukkan.
f. Guru membagikan lembar kerja
kelompok untuk dikerjakan.
g. Siswa diminta berdiskusi untuk
mengisi lembar kerja kelompok yang telah
dibagikan.
h. Guru menunjuk salah satu siswa
dengan menyebutkan nama buah dan nomor untuk maju membacakan hasil diskusi.
i.
Guru
mengapresiasi pendapat setiap kelompok.
3.
Kegiatan
Penutup
a. Guru memberi kesempatan siswa untuk
bertanya mengenai materi yang belum jelas.
b. Guru memberikan soal evaluasi pada
siswa secara individu.
c. Guru membahas soal bersama-sama
dengan siswa.
d. Guru menyimpulkan materi
pembelajaran bersama-sama dengan siswa.
e. Guru meminta salah satu siswa
memimpin berdoa dan mengucapkan salam penutup.
E. Sumber Belajar dan Media
Pembelajaran
1.
Sumber
Belajar
a. Buku BSE (2009) Ilmu Pengetahuan
Sosial 4 : untuk SD/MI penyusun, Sutoyo,
Leo Agung: Halaman 149-153
b. Buku BSE (2009) Ilmu Pengetahuan
Sosial 4 : untuk Sekolah Dasar Kelas IV / penyusun, Radjiman A. Triyono:
Halaman 146-148
2.
Media
Pembelajaran
Gambar alat-alat transportasi
F. Penilaian
1.
Teknik
Penilaian :Penilaian Tertulis
2.
Instrumen
Penilaian : Soal pilihan ganda
3.
Teknik
penilaian : Salah = 0
Benar = 1
Total Skor = Benar x
2 = nilai
G. Materi Pembelajaran
Transportasi atau disebut juga angkutan merupakan hal yang
sangat penting dalam kehidupan. Transportasi diperlukan untuk mengangkut
penumpang atau barang dari satu tempat ke tempat lain. Teknologi transportasi
dari waktu ke waktu mengalami perkembangan dan kemajuan. Transportasi
digolongkan menjadi tiga yaitu transportasi darat, air, dan udara. Transportasi
sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia.
1.
Teknologi
Transportasi Masa Lalu
Transportasi atau angkutan pada masa
lalu awalnya menggunakan tenaga manusia, yaitu dengan cara dipikul, digendong atau
didorong. Lalu berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti kuda, keledai, dan
gajah. Alat transportasinya sederhana. Alat transportasi darat semula menggunakan
tenaga manusia, seperti sepeda, becak, dan gerobag dorong. Kemudian berkembang
menggunakan tenaga hewan, seperti pedati ditarik sapi, delman ditarik kuda, dan
sebagainya. Transportasi laut yang menggunakan tenaga alam atau angin, yaitu
perahu layar, sedangkan yang menggunakan tenaga manusia, misalnya rakit dan
perahu dayung.
2.
Teknologi
Transportasi Masa Kini
Transportasi masa kini telah
menunjukkan kemajuan yang pesat baik transportasi darat, air, dan udara. Sarana
dan prasarana transportasi semakin lengkap dan baik. Sejak zaman dahulu orang
sudah mengenal alat transportasi, meskipun masih sangat sederhana.Dengan adanya
perkembangan teknologi, alat transportasi mengalami perubahanyang pesat. Mari
kita bandingkan alat transportasi pada zaman dahulu dan sekarang.
Berilah tanda silang (x) pada huruf
a, b, c, atau d sesuai jawaban yang tepat!
1.
Manfaat alat transportasi adalah …….
a. Mempersingkat waktu perjalanan
b. Memperpendek jarak hubungan
c. Mempermudah komunikasi
d. Memperpendek jarak dan waktu perjalanan
2.
Alat transportasi laut untuk penyeberangan antarpulau adalah ……
a. kapal motor
b. kapal feri
c. kapal layar
d. kapal keruk
3.
Berikut ini yang termasuk transportasi darat zaman dahulu adalah…….
a. Motor
b. Mobil
c. Becak
d. truk tangki
4.
berikut ini yang bukan alat transportasi zaman dulu adalah ……
a. perahu layar
b. delman
c. mobil
d. becak
5.
Alat transportasi di masa sekarang dibagi menjadi beberapa jenis, kecuali transportasi…..
a. udara
b. darat
c. sungai
d. laut
Evaluasi
Kelompok
Nama
Kelompok :
1. 7.
2. 8.
3.
9.
4.
10.
5.
11.
6. 12.
![]() |
Nama
Alat Transportasi
Modern
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|

Nama
Alat Transportasi Tradisional
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
AFIAH FIFI FITRIA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar