Rabu, 27 Januari 2016

Evaluasi Belajar



Evaluasi Belajar
Menurut abdul basir evaluasi adalah proses pengumpulan data yg deskriptif, informatif, prediktif, dilaksanakan secara sistematik dan bertahap untuk menentukan kebujakan dalam usaha memperbaiki pendidikan.
Tujuan evaluasi sebagai berikut:
·         Secara khusu yaitu dapat merangsang kegiatan siswa, menemukan sebab-sebab kegagalan atau kemajuan, mengetahui mutu pelajaran atau cara belajar dan metode belajar.
·         Secara umum yaitu mengumpulkan data-data yang membuktikan taraf kemajuan murid dalam mencapai tujuan yang diharapkan, memungkinkan guru menilai aktivitas pengalaman yang didapat, menilai metode mengajar yang dipergunakan.
Fungsi evaluasi:
·         Untuk memberikan umpan balik (feedback) kepada guru sebagai dasar untuk memperbaiki proses belajar-mengajar, serta mengadakan perbaikan program bagi murid.
·         Untuk memberikan angka yang tepat tentang kemajuan atau hasil belajar dari setiap murid. Antara lain digunakan dalam rangka pemberian laporan kemajuan belajar murid kepada orang tua,  penentuan kenaikan kelas serta penemuan lulus tidaknya seorang murid.
·         Untuk menentukan murid di dalam situasi belajar mengajar yang tepat, sesuai dengan tingkat kemampuan (dan karakteristik lainnya) yang dimiliki oleh murid.
·         Untuk mengenal latar belakang (psikologi fisik dan lingkungan) murid yang mengalami kesulitan belajar, nantinya dapat dipergunakan sebagai dasar dalam pemecahan kesulitan-kesulitan belajar yang timbul.

Jenis dan teknik evaluasi
·         Jenis evaluasi: evaluasi sumatif, evaluasi formatif, dan evaluasi placement dan evaluasi diagnosis.
·         Teknik evaluasi: teknik tes dan teknik non tes.
Reabilitasu dan valdiitas sebagai syarat evaluasi
·         Syarat dan alat evaluasi yaitu reabilitasi dan validitas.
Strategi Evaluasi Ranah Psikologis Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik :
·         Strategi Evaluasi ranah kognitif
·         Strategi Evaluasi ranah Afektif
·         Strategi Evaluasiranah Psikomotor





    Resume 7

Afiah Fifi Fitria                  (150641096)  
    Dosen Pengampu             :  Bapa Nurkholis, M.Pd.I


Tidak ada komentar:

Posting Komentar