Rabu, 27 Januari 2016

Rencana Kegiatan Belajar Mengajar




RENCANA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
A.     Pengertian belajar
Belajar adalah perubahan yang relative permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.

B.      Pengertian mengajar
Mengajar merupakan upaya memberikan stimulus, bimbingan, pengarahan, dan dorongan kepada siswa agar terjadi proses belajar.

C.      Model Pokok Mengajar
Menurut Tadrif (1989)

1.Model Information Processing  ( Tahap Pengolahan Informasi)
2.  Model Personal (Pengembangan Pribadi)
3. Model Sosial (Hubungan Kemasyarakatan)
4. Model Behavioral (Pengembangan Prilaku

D.     Jenis- jenis pendekatan belajar mengajar
1.       Pendekatan Kontekstual
2.       Pendekatan Konstruktivisme
3.       Pendekatan Deduktif – Induktif
4.       Pendekatan Konsep dan Proses
5.       Pendekatan Sains, Tekhnologi dan Masyarakat.

E.      Strategi pembelajaran
1.    Ekspositori.  Strategi ini memiliki keunggulan yaitu, guru dapat mengontrol, efektif jika siswa cukup luas. Sedangkan kelemahannya yaitu, hanya untuk siswa yang pendengarannya baik, sulit mengembangkan kemampuan siswa.
2.    Inquiry.  Strategi ini memiliki keunggulan yaitu, fleksibel dalam belajar, dapat melayani kebutuhan siswa IQ tinggi. Sedangkan kelemahannya yaitu, sulit merencanakan belajar, memerlukan banyak waktu.
3.    Berbasis masalah. Strategi ini memiliki keunggulan yaitu, meningkatkan aktivitas pembelajaran, membantu menstransfer ilmu. Sedangkan kelemahannya yaitu, masalah yang dipelajari sulit dipecahkan, tanpa pemahaman mereka tidak akan belajar apa yang ingin mereka pelajari.
4.    Peningkatan kemampuan berfikir. Strategi ini memiliki keunggulan yaitu, dapat mengembangkan gagasan/ide, dan mampu menelaah fakta social.



Resume 9
Afiah Fifi Fitria                  (150641096)  

Dosen Pengampu             :  Bapa Nurkholis, M.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar