RENCANA
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
A.
Pengertian belajar
Belajar adalah
perubahan yang relative permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai
hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.
B.
Pengertian mengajar
Mengajar
merupakan upaya memberikan stimulus, bimbingan, pengarahan, dan dorongan kepada
siswa agar terjadi proses belajar.
C.
Model Pokok Mengajar
Menurut Tadrif (1989)
Menurut Tadrif (1989)
1.Model Information Processing ( Tahap Pengolahan Informasi)
2. Model Personal (Pengembangan Pribadi)
3. Model Sosial (Hubungan Kemasyarakatan)
4. Model Behavioral (Pengembangan Prilaku
D.
Jenis- jenis pendekatan belajar
mengajar
1.
Pendekatan Kontekstual
2.
Pendekatan Konstruktivisme
3.
Pendekatan Deduktif – Induktif
4.
Pendekatan Konsep dan Proses
5.
Pendekatan Sains, Tekhnologi dan Masyarakat.
E.
Strategi pembelajaran
1.
Ekspositori.
Strategi ini memiliki keunggulan yaitu, guru dapat mengontrol, efektif
jika siswa cukup luas. Sedangkan kelemahannya yaitu, hanya untuk siswa yang
pendengarannya baik, sulit mengembangkan kemampuan siswa.
2.
Inquiry.
Strategi ini memiliki keunggulan yaitu, fleksibel dalam belajar, dapat
melayani kebutuhan siswa IQ tinggi. Sedangkan kelemahannya yaitu, sulit
merencanakan belajar, memerlukan banyak waktu.
3.
Berbasis masalah. Strategi ini memiliki
keunggulan yaitu, meningkatkan aktivitas pembelajaran, membantu menstransfer
ilmu. Sedangkan kelemahannya yaitu, masalah yang dipelajari sulit dipecahkan,
tanpa pemahaman mereka tidak akan belajar apa yang ingin mereka pelajari.
4.
Peningkatan kemampuan berfikir. Strategi ini
memiliki keunggulan yaitu, dapat mengembangkan gagasan/ide, dan mampu menelaah
fakta social.
Resume 9
Afiah Fifi
Fitria (150641096)
Dosen Pengampu : Bapa Nurkholis, M.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar