Afiah Fifi Fitria (150641096)
Dosen Pengampu : Bapa Nurkholis, M.Pd.I
Karakteristik dan Profesionalisme Guru
Ø Karakteristik
Kepribadian Guru
·
Fleksibelitas guru
-
Karakteristik
pribadi guru
-
Attitude
kognitif guru terhadap siswa
-
Attitude
kognitif guru terhadap
mata pelajaran
dan metode
·
Transparansi Personalty
Guru
-
Kesediaannya untuk bernteraksi dengan lingkungan sekolah
-
Empathy/respon
afektif
Ø Kompetensi
Profesionalisme Guru
·
Kompetensi Kognitif
-
Ilmu pengetahuan
-
Ilmu pengetahuan
materi bidang studi
-
Kemampuan
mentransfer ilmu
·
Kompetensi afektif
-
Self concept and self esteem (konsep diri dan harga diri)
-
Self effication and contextual efficacy
(efikasi diri dan efikasi )
-
Attitude of self
acceptance and others acceptance
(sikap penerimaan terhadap diri sendiri
dan orang lain )
·
Kompetensi Psikomotor
-
Kecakapan fisik
guru
-
Kecakapan fisik
khusus
Ø Karakteristik
kognitif pribadi guru
·
Guru yang Luwes
-
Menujukkan keterbukaan dalam perencanaan kegiatan belajar mengajar
-
Menjadikan
materi pelajaran berguna bagi kehidupan nyata siswa
-
Mempertimbangkan
berbagai hal alternatif cara mengkomunikasikan isi pelajaran pada siswa
-
Mampu dalam merencanakan sesuatu dalam keadaan terdesak
-
Dapat menggunakan humor secara proporsional dalam menciptakan Perencanaan Belajar Mengajar yang menarik
·
Guru Yang Kaku
-
Tampak terlampau
dikuasai oleh rencana pelajaran, sehingga alokasi waktu sangat kaku
-
Tak mampu
memodifikasi
-
Tak mampu
mengenai hal yang
terjadi secara tiba-tiba ketika pengajaran berlangsung
-
Terpaku pada aturan yang berlaku meski tidak relevan
-
Terpaku pada isi materi dan metode yang baku sehingga situasi Penerapan Belajar Mengajar monoton dan membosankan
Ø Sikap kognitif guru terhadap
siswa
·
Guru yang Luwes
-
Menunjukkan perilaku demokratis dan tenggang rasa kepada semua siswa
-
Responsif terhadap kelas
-
Memandang siswa
sebagai partner dalam Penerapan Belajar Mengajar.
-
Menilai siswa
berdasarkan faktor-faktor yang memadai
-
Berkesinambungan
dalam menggunakan ganjaran dan hukuman sesuai dengan penampilan siswa
·
Guru yang Kaku
-
Terlalu
memperhatikan siswa yang pandai dan mengabaikan siswa yang lamban
-
Tidak mampu mencatat isyarat adanya masalah dalam Penerapan Belajar Mengajar
-
Memandang siswa
sebagai objek yang berstatus rendah
-
Menilai siswa
secara serampangan
-
Lebih banyak
menghukum dan kurang memberi ganjaran yg memadai atas prestasi yang dicapai siswa
Ø Sikap kognitif guru terhadap
materi dan metode
·
Guru yang Luwes
-
Menyusun dan
menyajikan materi yang sesuai dengan kebutuhan siswa
-
Menggunakan
macam-macam metode
yang relevan secara kreatif sesuai dengan sifat materi
-
Luwes dalam melaksanakan rencana dan selalu berusaha mencari pengajaran yang efektif
-
Pendekatan
pengajarannya lebih problematik, sehingga siswa terdorong untuk berfikir
·
Guru yang Kaku
-
Terkait pada isi silabus/ RPP tanpa mempertimbangkan kebutuhan siswa yang dihadapi
-
Terpaku pada satu atau dua metode mengajar tanpa memperhatikan
kesalahannya dengan
sifat materi pelajaran
-
Terkait hanya pada satu atau dua format dalam merencanakan pengajaran
-
Pendekatan
pengajarannya lebih preskriptif(perintah/petunjuk)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar