Rabu, 27 Januari 2016

Karakteristik dan Profesionalisme Guru

Resume 12 
Afiah Fifi Fitria                  (150641096)  
Dosen Pengampu             :  Bapa Nurkholis, M.Pd.I




Karakteristik dan Profesionalisme Guru

Ø  Karakteristik Kepribadian Guru
·         Fleksibelitas  guru
-          Karakteristik pribadi guru
-          Attitude kognitif guru terhadap siswa
-          Attitude kognitif guru terhadap mata pelajaran  dan metode
·         Transparansi Personalty Guru
-          Kesediaannya untuk bernteraksi dengan lingkungan sekolah
-          Empathy/respon afektif
Ø  Kompetensi Profesionalisme Guru
·         Kompetensi Kognitif
-          Ilmu pengetahuan
-          Ilmu pengetahuan materi bidang studi
-          Kemampuan mentransfer ilmu
·         Kompetensi afektif
-          Self concept and self esteem  (konsep diri dan harga diri)
-          Self effication and contextual efficacy (efikasi diri dan efikasi )
-          Attitude of self acceptance and others acceptance (sikap penerimaan  terhadap diri sendiri dan  orang lain )
·         Kompetensi Psikomotor
-          Kecakapan fisik guru
-          Kecakapan fisik khusus
Ø  Karakteristik kognitif pribadi guru
·         Guru yang Luwes
-          Menujukkan keterbukaan dalam perencanaan kegiatan belajar mengajar
-          Menjadikan materi pelajaran berguna bagi kehidupan nyata siswa
-          Mempertimbangkan berbagai hal alternatif cara mengkomunikasikan isi pelajaran pada siswa
-          Mampu dalam merencanakan sesuatu dalam keadaan terdesak
-          Dapat menggunakan humor secara proporsional dalam menciptakan Perencanaan Belajar Mengajar  yang menarik
·         Guru Yang Kaku
-          Tampak terlampau dikuasai oleh rencana pelajaran, sehingga  alokasi waktu sangat kaku
-          Tak mampu memodifikasi
-          Tak mampu mengenai hal yang terjadi secara tiba-tiba ketika pengajaran berlangsung
-          Terpaku pada aturan yang berlaku meski tidak relevan
-          Terpaku pada isi materi dan metode yang baku sehingga situasi Penerapan Belajar Mengajar monoton dan membosankan
Ø  Sikap kognitif guru terhadap siswa
·         Guru yang Luwes
-          Menunjukkan perilaku demokratis dan tenggang rasa kepada semua siswa
-          Responsif terhadap kelas
-          Memandang siswa sebagai partner dalam Penerapan Belajar Mengajar.
-          Menilai siswa berdasarkan faktor-faktor yang memadai
-          Berkesinambungan dalam menggunakan ganjaran dan hukuman sesuai dengan penampilan siswa
·         Guru yang Kaku
-          Terlalu memperhatikan siswa yang pandai dan mengabaikan siswa yang lamban
-          Tidak mampu mencatat isyarat adanya masalah dalam Penerapan Belajar Mengajar
-          Memandang siswa sebagai objek yang berstatus rendah
-          Menilai siswa secara serampangan
-          Lebih banyak menghukum dan kurang memberi ganjaran yg memadai atas prestasi yang dicapai siswa
Ø  Sikap kognitif guru terhadap materi dan metode
·         Guru yang Luwes
-          Menyusun dan menyajikan materi yang sesuai dengan kebutuhan siswa
-          Menggunakan macam-macam metode yang relevan secara kreatif sesuai dengan sifat materi
-          Luwes dalam melaksanakan rencana dan selalu berusaha mencari pengajaran yang efektif
-          Pendekatan pengajarannya lebih problematik, sehingga siswa terdorong untuk berfikir
·         Guru yang Kaku
-          Terkait pada isi silabus/ RPP tanpa mempertimbangkan kebutuhan siswa yang dihadapi
-          Terpaku pada satu atau dua metode mengajar tanpa memperhatikan kesalahannya dengan sifat materi pelajaran
-          Terkait hanya pada satu atau dua format dalam merencanakan pengajaran
-          Pendekatan pengajarannya lebih preskriptif(perintah/petunjuk)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar