MEMAHAMI ARTI PENDIDIKAN DENGAN
PENGAJARAN
Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan
secara sadar dalam rangka membimbing dan mengarahkan perkembangan anak kerah
dewasa. Dewasa artinya bertanggung jawab terhadap dirinya, keluarganya,
masyarakatnya, bangsanya, dan negaranya. Selanjutnya, bertanggung jawab
terhadap segala risiko dari sesuatu yang telah menjadi pilihannya.
Definisi Umum pendidikan
Pendidikan dapat diartikan sebagai suatu
metode untuk mengebangkan keterampilan, kebiasaan dan sikap-sikap yang
diharapkan dapat membuat seseorang menjadi lebih baik.
Pendidikan
pendidikan dalam kamus Besar Bahasa
Indonesia
Pendidikan adalah proses pengubahan sikap
dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia
melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara dan pembuatan mendidik.
Pendidikan
memiliki 4 komponen :
1.
Kurikulum
2.
Fasilitas
3.
SDM(sumber
daya manusia pengajaran)
4.
Siswa
PENGAJARAN
Pengajaran
adalah tardi (1987) memberi arti instruction secara lebih rinci yaitu
a preplanned, goal directed educational proces designed tofacilitate
learning, artinya adalah sebuah proses kependidikan yang
sebelumnya direncanakan dan diarahkan untuk mencapai tujuan serta direncanakan
untuk mempermudah belajar.
MEMAHAMI PENDIDIKAN DAN PENGAJARANNYA
Pengajaran
adalah proses belajar atau proses menuntut ilmu. Ada dosen, guru, ustadz yang
mengajar atau menyampaikan ilmu kepada murid yang belajar. Pendidikan adalah
poses mendidik yang melibatkan penerapan nilai-nilai. kita tidak bisa mendidik
saja tanpa memberi ilmu, dan begitu sebaliknya, kita tidak bisa memberi ilmu
saja tanpa mendidik. Pengajaran tanpa pendidikan akan menghasilkan masyarakat
yang pandai tetapi rusaknya akhlak atau jahat. Mendidik saja tanpa memberi ilmu
akan menghasilkan individu yang baik tetapi tidak berguna di tengah masyarakat.Oleh
karena itu pendidikan dan pengajaran sangatlah berkaitan jika salah satunya di
abaikan maka akan timbul ketidak seimbangan dalam mencapai tujuannya.
Tujuan yang ingin
dicapai melalui pendidikan adalah menghasilkan siswa yang mengerti, memahami
dan mampu mengimplemetasikan dirinya di masa yang akan datang. Hal ini dapat terwujud jika
dilakukan melalui proses pengajaran dan strategi pelaksanaan melalui :
1.
Bimbingan
2.
Pengajaran
3.
Pelatihan
MEMAHAMI
PENDIDIKAN PSIKOLOGI DAN PERANNYA DALAM PENDIDIKAN
Psikologi
Pendidikan adalah cabang dari ilmu pdikologi yang mengkhususkan diri pada cara
memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Psikologi
pendidikan merupakan sumbangsih dari ilmu pengetahun psikologi terhadap dunia
pendidikan dalam kegiatan pendidikan pembelajaran, pengembangan kurikulum,
proses belajar mengajar, sistem evaluasi, dan layanan konseling merupakan serta
beberapa kegitan pertama dalam pendidikan terhadap peserta didik, pendidik,
orang tua, masyarakat, dan pemerintah agar tujuan pendidikan dapat tercapai
secara sempurna dan tepat guna.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
yang pesat (termasuk dalam ilmu Kependidikan), mununtut manusia untuk mengolah
segala potensi yang di milikinya agar tidak ketinggalan kreta, lewat pengkajian
dan penelitian ilmiah, khususnya psikologi pendidikan yang
berusaha untuk menelaah berbagai hal yang berhubungan dengan proses belajar
mengajar manusia dari sejak lahir sampai usia lanjut terutama bagaimana iklim yang mempengaruhi proses
perjalanan belajar mengajar.
KESIMPULAN
Pendidikan dan pengajaran sangatlah
berkaitan jika ingin mencapai tujuan untuk menghasilkan seorang peserta didik
yang memiliki akhlak baik dan pandai. Karena pendidikan lebih mengacuh pada
akhlak budi pekerti yang baik sedangkan pengajaran lebih mengacu kepada ke
pandaian, yang jika salah satunya di abaikan maka akan timbul ketidak
seimbangan dalam mencapai tujuan tersebut. Dan semua itu bertujuan mencerdaskan
anak didik yang berkualitas supaya dapat bersaing dengan negara.
Dosen Pengampu : Bapa Nurkholis, M.Pd.I
Resume 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar