Rabu, 27 Januari 2016

Memahami Arti Pendidikan Dengan Pengajaran



MEMAHAMI ARTI PENDIDIKAN DENGAN PENGAJARAN

Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan secara sadar dalam rangka membimbing dan mengarahkan perkembangan anak kerah dewasa. Dewasa artinya bertanggung jawab terhadap dirinya, keluarganya, masyarakatnya, bangsanya, dan negaranya. Selanjutnya, bertanggung jawab terhadap segala risiko dari sesuatu yang telah menjadi pilihannya.

Definisi Umum pendidikan
Pendidikan dapat diartikan sebagai suatu metode untuk mengebangkan keterampilan, kebiasaan dan sikap-sikap yang diharapkan dapat membuat seseorang menjadi lebih baik.

Pendidikan pendidikan dalam kamus Besar Bahasa Indonesia

Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara dan pembuatan mendidik.

Pendidikan memiliki 4 komponen :

1.      Kurikulum
2.      Fasilitas
3.      SDM(sumber daya manusia pengajaran)
4.      Siswa

PENGAJARAN

Pengajaran adalah tardi (1987) memberi arti instruction secara lebih rinci yaitu a preplanned, goal directed educational proces designed tofacilitate learning, artinya adalah sebuah proses kependidikan yang sebelumnya direncanakan dan diarahkan untuk mencapai tujuan serta direncanakan untuk mempermudah belajar.

MEMAHAMI PENDIDIKAN DAN PENGAJARANNYA

Pengajaran adalah proses belajar atau proses menuntut ilmu. Ada dosen, guru, ustadz yang mengajar atau menyampaikan ilmu kepada murid yang belajar. Pendidikan adalah poses mendidik yang melibatkan penerapan nilai-nilai. kita tidak bisa mendidik saja tanpa memberi ilmu, dan begitu sebaliknya, kita tidak bisa memberi ilmu saja tanpa mendidik. Pengajaran tanpa pendidikan akan menghasilkan masyarakat yang pandai tetapi rusaknya akhlak atau jahat. Mendidik saja tanpa memberi ilmu akan menghasilkan individu yang baik tetapi tidak berguna di tengah masyarakat.Oleh karena itu pendidikan dan pengajaran sangatlah berkaitan jika salah satunya di abaikan maka akan timbul ketidak seimbangan dalam mencapai tujuannya.



Tujuan yang ingin dicapai melalui pendidikan adalah menghasilkan siswa yang mengerti, memahami dan mampu mengimplemetasikan dirinya di masa yang akan datang. Hal ini dapat terwujud jika dilakukan melalui proses pengajaran dan strategi pelaksanaan melalui :
1.      Bimbingan
2.      Pengajaran
3.      Pelatihan

MEMAHAMI PENDIDIKAN PSIKOLOGI DAN PERANNYA DALAM PENDIDIKAN

Psikologi Pendidikan adalah cabang dari ilmu pdikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Psikologi pendidikan merupakan sumbangsih dari ilmu pengetahun psikologi terhadap dunia pendidikan dalam kegiatan pendidikan pembelajaran, pengembangan kurikulum, proses belajar mengajar, sistem evaluasi, dan layanan konseling merupakan serta beberapa kegitan pertama dalam pendidikan terhadap peserta didik, pendidik, orang tua, masyarakat, dan pemerintah agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara sempurna dan tepat guna.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat (termasuk dalam ilmu Kependidikan), mununtut manusia untuk mengolah segala potensi yang di milikinya agar tidak ketinggalan kreta, lewat pengkajian dan penelitian ilmiah, khususnya psikologi pendidikan yang berusaha untuk menelaah berbagai hal yang berhubungan dengan proses belajar mengajar manusia dari sejak lahir sampai usia lanjut terutama bagaimana iklim yang mempengaruhi proses perjalanan belajar mengajar.

KESIMPULAN

Pendidikan dan pengajaran sangatlah berkaitan jika ingin mencapai tujuan untuk menghasilkan seorang peserta didik yang memiliki akhlak baik dan pandai. Karena pendidikan lebih mengacuh pada akhlak budi pekerti yang baik sedangkan pengajaran lebih mengacu kepada ke pandaian, yang jika salah satunya di abaikan maka akan timbul ketidak seimbangan dalam mencapai tujuan tersebut. Dan semua itu bertujuan mencerdaskan anak didik yang berkualitas supaya dapat bersaing dengan negara.



Afiah Fifi Fitria                  (150641096)  
Dosen Pengampu             :  Bapa Nurkholis, M.Pd.I


Resume 2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar