Rabu, 27 Januari 2016

Pancasila Sangat Berperan

Pentingnya pendidikan pancasila Indonesia adalah negara yang sangat menjunjung tinggi tata krama dalam kehidupan bermasyarakatnya sehari-hari. untuk menjaga itu, maka seluruh nilai tentang kesopanan, adab dan aturan selalu diturunkan turun-temurun, bahkan setiap warga negara sudah menerima itu sejak usia dini, tentu yang utama dan terpenting adalah dari lingkungan keluarga, tapi yang tidak kalah pentingnya adalah peran sekolah, sebagai sarana pendidikan formal, yang tentu juga harus mengajarkan tentang itu, di sekolah, ada satu mata pelajaran khusus tentang pancasila, yaitu Pendidikan pancasila.
Pendidikan pancasila adalah pendidikan nasional yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia dan berdasarkan kebudayaa bangsa Indonesia, diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan serta harkat dan martabat bangsa, mewujudkan manusia serta masyarakat Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, dan mandiri, sehingga mampu membangun dirinya dan masyarakat sekelilingnya, serta dapat memenuhi kebutuhan pembangunan nasional dan bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
Pendidikan Pancasila mengarahkan perhatian pada moral yang diharapkan dan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu perilaku yang memancarkan iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai golongan agama, perilaku yang bersifat kemanusiaan yang adil dan beradab, perilaku kebudayaan, dan beraneka ragam kepentingan perilaku yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan perorangan dan golongan. Dengan demikian, perbedaan pemikiran,  pendapat,  atau kepentingan diatasi melalui keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
 Manfaat dari Pendidikan pancasila itu sendiri tidak akan jadi maksimal jika tidak disampaikan dengan baik dan benar. dalam hal ini, tentu peran sekolah dan tenaga pengajar sangatlah berpengaruh pada pencapaian tujuan pendidikan pancasila itu sendiri ,utamanya adalah sebagai tenaga pengajar, guru maupun dosen haruslah bersungguh-sungguh dalam bertugas, karena selain ini adalah profesi mereka.
 Tugas mengajar Pendidikan  pancasila adalah sebagai bentuk pengabdian mereka terhadap negara. mengajarkan ini secara baik dan benar juga akan menjadi sebuah peran penting dalam menjaga nilai-nilai kebaikan yang sudah ada di negeri ini. adalah sebuah upaya bela negara jika dosen dan guru mengajarkan ini dengan kesungguhan hati dan menerapkannya dalam kehidupan agar dapat dijadikan contoh oleh peserta didik mereka. karena ini adalah sebuah upaya bela negara, tentu harus dilandasi keikhlasan demi kebaikan negara, seperti halnya tentra yang harus siap ditempatkan dimanapun mereka dibutuhkan, guru pun,harusnya siap untuk di tempatkan dimana saja untuk mengajar  pendidikan pancasila,  selain itu hrus rela ditempatkan di mana saja,  guru juga harus bisa bertindak adil kepada setiap yang dididiknya, tidak boleh ada perbedaan hak dan kewajiban yang di kenakan pada muridnya dengan membedakan suku agama ras dan golongan, karena jika guru dapat bersikap adil terhadap semua muridnya, maka itu juga bisa di jadikan sebuah contoh nyata penerapan pancasila dalam kehidupan.


Afiah Fifi Fitria                  (150641096) 
Dosen Pengampu             :  Bapa H. Nurul Qomar, MM  




'Semoga Postingan ini sangat bermanfaat :).'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar