Rabu, 27 Januari 2016

Motivasi Belajar



Motivasi Belajar
A.    Memahami arti penting motivasi dan pengajaran
1.      Motivasi
Motivasi belajar merupakan kekuatan (power motivation), daya pendorong (driving forse), atau alat pembangun kesediaan dan keinginan yang kuat dalam diri peserta didik untuk belajar secara aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan dalam rangka perubahan pelaku, baik dalam aspek kognitif efektif, maupun psikomotor.
·         Jenis motivasi:
a.       Motivasi intrinsik, yaitu motivasi yang datangnya secara alamiah atau murni dari diri peserta didik itu sendiri sebagai wujud kesadaran diri dari lubuk hati paling dalam.
b.      Motivasi ekstrinsik, yaitu motivasi yang datangnya disebabkan faktor-faktor di luar didik peserta, seperti adanya pemberian nasihat dari gurunya, hadiah (reward), kompetisi sehat antar peserta didik.
·         Fungsi motivasi:
a.       motivasi merupakan alat pendorong terjadinya perilaku belajar peserta didik
b.      motivasi merupakan alat untuk memengaruhiprestasi belajar peserta didik
c.       motivasi merupakan alat untuk memberikan direksi terhadap pencapaian tujuan pembelajaran.
·         Tujuan motivasi
Secara umum dapat di katakan bahwa tujuan motivasi adalah untuk menggerakan atau mengunggah seseorang agar timbul keinginan dan kemauannya untuk melakukan sesuatu sehingga dapat memperoleh hasil atau mencapai tujuan tertentu.
·         Teori-teori motivsi:
1.      Teori hendonisme
2.      Teori naluri
3.      Teori reaksi yang dipelajari
4.      Teori daya pendorong
5.      Teori kebutuhan
·         Cara meningkatkan motivasi siswa;
1.      Sebelum belajar
2.      Selama proses belajar
3.      Akhir dari pengalaman belajar.

B.     Mengetahui harapan-harapan guru
1.      Sumber harapan guru
Brophy dan good (1980) menunjukkan bahwa harapan-harapan guru mungkin akan mempengaruhi siswa dengan cara-cara sebagai berikut. Guru mulai mengondisi harapan-harapannya, bagaimana dengan siswa yang berbeda akan melakukan tugas dengan baik di kelas. Jika guru mengharapkan siswa melakukan tugas dengan baik, siswa mungkin menjadi lebih banyak dorongan dan lebih banyak waktu ketika menjawab pertanyaan guru.
2.      Tingkah laku guru dan reaksi siswa
·         Melakukan pembelajaran sesuai dengan kewajaran perkembangan
·         Membentuk grup belajar yang saling tergantung
·         Menyediakan lingkungan yang mendukung
·         Mempertimbangkan keragaman siswa
·         Menggunakan teknik-teknik bertanya yang meningkatkan pembelajaran siswa.




Resume 6
Afiah Fifi Fitria                  (150641096)  

                        Dosen Pengampu             :  Bapa Nurkholis, M.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar