Motivasi Belajar
A.
Memahami
arti penting motivasi dan pengajaran
1.
Motivasi
Motivasi belajar merupakan
kekuatan (power motivation), daya pendorong (driving forse), atau alat
pembangun kesediaan dan keinginan yang kuat dalam diri peserta didik untuk
belajar secara aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan dalam rangka
perubahan pelaku, baik dalam aspek kognitif efektif, maupun psikomotor.
·
Jenis
motivasi:
a.
Motivasi
intrinsik, yaitu motivasi yang datangnya secara alamiah atau murni dari diri
peserta didik itu sendiri sebagai wujud kesadaran diri dari lubuk hati paling
dalam.
b.
Motivasi
ekstrinsik, yaitu motivasi yang datangnya disebabkan faktor-faktor di luar
didik peserta, seperti adanya pemberian nasihat dari gurunya, hadiah (reward),
kompetisi sehat antar peserta didik.
·
Fungsi
motivasi:
a.
motivasi
merupakan alat pendorong terjadinya perilaku belajar peserta didik
b.
motivasi
merupakan alat untuk memengaruhiprestasi belajar peserta didik
c.
motivasi
merupakan alat untuk memberikan direksi terhadap pencapaian tujuan pembelajaran.
·
Tujuan
motivasi
Secara umum dapat di katakan
bahwa tujuan motivasi adalah untuk menggerakan atau mengunggah seseorang agar
timbul keinginan dan kemauannya untuk melakukan sesuatu sehingga dapat
memperoleh hasil atau mencapai tujuan tertentu.
·
Teori-teori
motivsi:
1.
Teori
hendonisme
2.
Teori
naluri
3.
Teori
reaksi yang dipelajari
4.
Teori
daya pendorong
5.
Teori
kebutuhan
·
Cara
meningkatkan motivasi siswa;
1.
Sebelum
belajar
2.
Selama
proses belajar
3.
Akhir
dari pengalaman belajar.
B. Mengetahui
harapan-harapan guru
1.
Sumber
harapan guru
Brophy dan good (1980) menunjukkan bahwa
harapan-harapan guru mungkin akan mempengaruhi siswa dengan cara-cara sebagai
berikut. Guru mulai mengondisi harapan-harapannya, bagaimana dengan siswa yang
berbeda akan melakukan tugas dengan baik di kelas. Jika guru mengharapkan siswa
melakukan tugas dengan baik, siswa mungkin menjadi lebih banyak dorongan dan
lebih banyak waktu ketika menjawab pertanyaan guru.
2.
Tingkah
laku guru dan reaksi siswa
·
Melakukan
pembelajaran sesuai dengan kewajaran perkembangan
·
Membentuk
grup belajar yang saling tergantung
·
Menyediakan
lingkungan yang mendukung
·
Mempertimbangkan
keragaman siswa
·
Menggunakan
teknik-teknik bertanya yang meningkatkan pembelajaran siswa.
Resume 6
Afiah Fifi
Fitria (150641096)
Dosen Pengampu : Bapa Nurkholis, M.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar